Search

Gara-gara corona, perbankan ramai-ramai koreksi target laba - Keuangan Kontan

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 dipastikan bikin pertumbuhan laba perbankan tahun ini negatif. Pelonggaran restrukturisasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berlaku hingga setahun juga bikin perlambatan laba akan terjadi hingga 2021.

“Tahun ini pasti laba akan negatif, sepertinya tidak akan ada bank yang labanya akan tumbuh,” kata Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiatmadja kepada Kontan.co.id, Senin (27/4).

Baca Juga: Beri keringanan pada pengemudi Gojek, begini aturan yang ditetapkan BCA Finance

Dari laporan keuangan per Februari, pertumbuhan laba perseroan sejatinya masih cukup baik senilai Rp 4,33 triliun dengan pertumbuhan 13,69% (yoy).

Sementara mengutip riset Banking Analyst Team BCA Sekuritas, 14 Arpil. 2020 sejumlah bank besar juga telah merevisi proyeksi laba hingga tahun depan.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) misalnya memangkas target laba sebesar 27,0% dari Rp 36,52 triliun menjadi Rp 26,66 triliun. Jika dibandingkan laba tahun lalu senilai Rp 34,41 triliun maka laba bank terbesar di tanah air ini bisa merosot hingga 22,50%.

Dua bank pelat merah lain yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) juga melakukan hal serupa. Bank Mandiri memangkas target laba sebesar 27,0% dari Rp 21,68 triliun menjadi Rp 21,68 triliun. Sedangkan target BNI dipangkas lebih besar, 32,5% dari Rp 16,79 triliun menjadi Rp 11,34 triliun.

Baca Juga: Ekonom: Di tengah pandemi, beban bunga bank berpotensi naik

Jika dibandingkan realisasi laba tahun lalu, laba Bank Mandiri akan merosot 21,09% dibandingkan laba 2019 senilai Rp 27,48 triliun. Sedangkan penurunan laba mencapai BNI mencapai 26,26% dibandingkan laba tahun lalu Rp 15,38 triliun.

“Perlu dicatat, dari jajaran empat bank besar, BNI menghadapi risiko paling tinggi karena besarnya eksposur kredit korporasi, hampir mencapai 51% dari total kreditnya senilai Rp 556 triliun. Sementara Bank Mandiri berada di urutan selanjutnya dengan eksposur segmen korporasi mencapai 40% dari total kreditnya,” papar BCA Sekuritas.

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.



Let's block ads! (Why?)



"ramai" - Google Berita
April 27, 2020 at 04:58PM
https://ift.tt/2SeLqH0

Gara-gara corona, perbankan ramai-ramai koreksi target laba - Keuangan Kontan
"ramai" - Google Berita
https://ift.tt/32BI5nJ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gara-gara corona, perbankan ramai-ramai koreksi target laba - Keuangan Kontan"

Post a Comment

Powered by Blogger.