Search

Tangkal Corona, Sejumlah Kampung di Sleman Ramai-ramai 'Lockdown'! - Detiknews

Sleman -

Pemerintah pusat memang belum mengeluarkan kebijakan untuk lockdown di tengah pandemi Corona atau COVID-19. Namun, dusun-dusun yang ada di Kabupaten Sleman justru sudah menerapkan 'lockdown' untuk mencegah penyebaran virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, China ini.

Namun, lockdown yang dilakukan dusun-dusun di Sleman ini bukan seperti di Filipina atau Italia. Warga masih bisa keluar-masuk dusun, hanya dengan prosedur keamanan yang sudah diterapkan oleh masing-masing dusun.

Salah satu dusun yang menerapkan pembatasan akses keluar masuk ini yakni Dusun Randu, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Akses jalan yang ada di dua RT yakni RT 01 dan RT 02 Dusun Randu oleh warga ditutup dan diberi tulisan lockdown.

"Tulisan itu dibuat secara spontanitas oleh warga RT 01 dan RT 02 dan sudah disepakati oleh kedua RT di Dusun Randu, Hargobinangun ini," kata Ketua RT 01 Dusun Randu, Wantoro saat ditemui di dusun tersebut, Jumat (27/3/2020).

"Lockdown ini jangan disalahartikan seperti lockdown di luar negeri, hanya istilahnya saja kami pinjam. Ini bertujuan untuk mengantisipasi bebasnya orang luar seperti pemulung, sales dan warga luar masuk di wilayah kami," jelasnya.

Wantoro menyebut untuk masuk ke dusunnya, ada empat jalan yang menjadi akses utama. Dua jalan ditutup dan dua jalan lagi dibuka. Hal itu agar mempermudah pemantauan siapa saja yang keluar masuk dusun.

"Kita tidak menutup seluruhnya, masih ada dua pintu masuk di arah selatan. Karena di selatan itu ada gardu jadi warga yang keluar masuk terkontrol," jelasnya.

Warga yang akan masuk ke dusun, juga melewati pemeriksaan ketat. Termasuk melalui penyemprotan dengan menggunakan disinfektan.

"Siapapun yang masuk tetap kami semprot untuk antisipasi," tegasnya.

Let's block ads! (Why?)



"ramai" - Google Berita
March 27, 2020 at 02:20PM
https://ift.tt/2JkIxiM

Tangkal Corona, Sejumlah Kampung di Sleman Ramai-ramai 'Lockdown'! - Detiknews
"ramai" - Google Berita
https://ift.tt/32BI5nJ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tangkal Corona, Sejumlah Kampung di Sleman Ramai-ramai 'Lockdown'! - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.